Jumat, 08 Mei 2020

Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap


Cara Membuat Blog – Blogging adalah kesibukan yang jadi banyak digemari oleh penduduk Indonesia kala ini. Semakin banyak blogger baru yang bermunculan bersama bersama bersama bersama topik dan model tulisan yang berbeda-beda. Untuk mempunyai efek blog, sebenarnya ada banyak sekali platform yang bisa kami gunakan, seperti: WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, dan masih banyak lagi. Namun, aku memperhatikan kebanyakan blogger Indonesia pakai WordPress dan Blogger (blogspot). Karena itu aku bisa mengupas sedikit tentang cara membuat blog di ke dua platform ini.Oh ya, Saya mempunyai efek artikel ini tertentu untuk teman-teman yang belum mengetahui cara mempunyai efek blog, baik itu di WordPress ataupun di Blogger. Jadi, kalau Anda udah mengetahui caranya, menurut aku tidak kudu membaca artikel ini lagi. Nah, untuk teman-teman yang belum mengetahui cara membuat blog di WP atau Blogger silahkan lanjutkan membaca, dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman dikarenakan artikel ini agak panjang hehehe.

Sebelumnya, aku beri mengetahui pernah bahwa ke dua fasilitas ini – WordPress dan Blogger – berikan tambahan fasilitas gratis untuk mempunyai efek blog. Namun, walau keduanya berikan tambahan fasilitas gratis untuk blogging, ke dua platform ini memiliki perbedaan satu serupa lain. Nah, pelajari pernah apa saja kelebihan dan kekurangan ke dua platform ini sehingga mengetahui platform mana yang paling sesuai bersama bersama bersama bersama Anda.I. Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)Blogger.com adalah platform blogging gratisan punya Google. Anda bisa mempunyai efek blog bersama bersama bersama bersama gratis di blogger, baik itu pakai subdomain dan hosting gratis ataupun pakai domain sendiri bersama bersama bersama bersama hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini bisa mengupas cara mempunyai efek blog di Blogspot bersama bersama bersama bersama subdomain dan hosting gratis berasal dari Blogger.com.

Sebelum mempunyai efek blog di blogger, aku berikan petunjuk Anda untuk memiliki account e mail di Google mail (gratis). Ini bisa memudahkan sistem pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengetahui cara mempunyai efek email, bisa membaca tulisan aku di mulanya tentang cara mempunyai efek email. Kalau Anda udah memiliki account e mail di Gmail, segera saja mengikuti sistem mempunyai efek blog di blogspot, selanjutnya ini adalah langkah-langkahnya:1. Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link selanjutnya untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com 2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda bisa di arahkan ke halaman untuk masuk ke account Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang udah disediakan, sesudah itu klik tombol Berikutnya Login ke account Google 3. Masukkan password e mail Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya 4. Jika Anda baru pertamakali mempunyai efek blog di Blogger, maka Anda kudu memilih profil account Google yang bisa digunakan. Anda bisa pakai account Blogger biasa  ataupun account Google+. Di artikel ini aku berikan petunjuk untuk pakai account Google+, klik tombol Buat Profil Google+

5. Formulir isian profil Google+ Anda bisa terisi secara otomotis. Jika ada inginkan memicu pergantian knowledge diri, kalau memicu pergantian nama, model kelamin, dan  tanggal lahir, Anda bisa mengubahnya di halaman ini. Jika udah selesai mengedit, klik BUAT PROFILE. 6. Selanjutnya Anda bisa diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda bisa berikan tambahan foto profil untuk account Google Anda. Bila tidak inginkan berikan tambahan foto, maka Anda tinggal klik LEWATI. Tapi kalau Anda inginkan berikan tambahan gambar profile, maka Anda bisa klik logo Kamera terhadap halaman tersebut, sesudah itu upload gambar. Setelah sistem upload gambar selesai, klik tombol SIMPAN. 7. Saat ini Anda udah selesai mempunyai efek account Google+ Anda. Selanjutnya Anda klik Lanjutkan ke Blogger

8. Untuk jadi mempunyai efek blog baru Anda, klik tombol BUAT BLOG BARU, memandang gambar selanjutnya 9. Anda bisa diarahkan ke halaman sesudah itu di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, memilih nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda Pada bagian Judul, silahkan isi bersama bersama bersama bersama Judul Blog Anda, kalau “Belajar Membuat Blog” Pada bagian Alamat, silahkan isi bersama bersama bersama bersama alamat URL blog Anda, kalau “maxbikinblog.blogspot.com” Pada bagian Tema, Anda bisa memilih tidak benar satu tema standar yang di sediakan oleh Blogger.10. Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

11. Sampai di sini Anda udah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, sesudah itu Anda kudu melakukan sebagian pengaturan dan mempelajari sebagian navigasi di halaman kerja Blogger. Sedikit penjelasan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger: Pos: Daftar artikel yang udah ditulis, udah diterbitkan, dan artikel yang masih di didalam bentuk draft. Statistik: Data statistik tentang blog Anda, Data detil tentang trafik pengunjung blog Anda diantaranya jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel. Komentar: Pada halaman ini, Anda bisa memandang komentar yang masuk. Anda terhitung bisa mengedit atau terutama menghapus komentar yang tidak diinginkan. Kampanye: menampilkan menu yang berkaitan bersama bersama bersama bersama Adwords, yakni fasilitas periklanan punya Google. Mungkin kala ini Anda belum kudu fitur ini, jadi tinggalkan saja pernah Laman: Halaman statis seperti page terhadap WordPress. Biasanya digunakan untuk halaman About, TOS, dan lain-lain. Tata Letak: Pada halaman ini Anda bisa menyesuaikan layout blog Anda, berikan tambahan atau menyesuaikan posisi widget. Tema:  Pada halaman ini Anda bisa mengganti tema blog sesuai bersama bersama bersama bersama keinginan. Setelan: Halaman ini digunakan untuk menyesuaikan setelan blog, pengaturan berapa artikel yang bisa ditampilkan di halaman utama (homepage), pengaturan bahasa, komentar dimoderasi apa tidak, dan lain-lain.

2. Posting Konten di Blogger Untuk mempunyai efek tulisan konten terhadap Blogger sebenarnya caranya benar-benar mudah, selanjutnya ini langkah-langkahnya: Langkah pertama adalah melakukan klik terhadap tombol Entri Baru Buat judul konten: membuat judul singkat saja dikarenakan blogger menghalangi jumlah sifat untuk judul postingan. Masukkan artikel atau konten lain terhadap halaman konten yang udah di sediakan oleh blogger. Anda bisa memasukkan konten berwujud text, gambar, dan terhitung video. Anda bisa memasukkan link, mengganti format text, dan lain-lain, bersama bersama bersama bersama dukungan menu formating yang ada di bawah judul konten. Isi label/ kategori yang sesuai bersama bersama bersama bersama konten yang Anda buat, sesudah itu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.Anda terhitung bisa menjadwalkan kala posting konten selanjutnya sesuai bersama bersama bersama bersama keinginan, mempunyai efek tautan permanen, berikan tambahan lokasi, terutama berikan tambahan pilihan lainnya sesuai bersama bersama bersama bersama kebutuhan. Jika Anda udah percaya bisa mempunyai efek konten Anda online, silahkan klik tombol “Publikasikan”.

Konten Anda udah online dan bisa dibaca orang lain.Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda memadai pakai alamat e mail Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com Simpan alamat e mail Gmail dan password Anda bersama bersama bersama bersama baik sehingga gampang digunakan kala inginkan login ke Blogger. Sampai di sini pasti saja Anda udah memadai mengetahui cara mempunyai efek blog gratis di blogger. Anda terhitung bisa mengganti tema blog Anda atau menyesuaikan tampilan widget. II. Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.co Script WordPress bisa digunakan untuk domain dengann hosting sendiri ataupun digunakan secara gratisan. Namun, artikel ini bisa mengupas cara mempunyai efek blog gratis di WordPress.com, di mana kami bisa nikmati semua fasilitas bersama bersama bersama bersama gratis, baik itu subdomain dan terhitung hosting-nya. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs WordPress, klik atau membuka URL ini di browser Anda id.wordpress.com 2. Setelah halaman WordPress terbuka, silahkan masukkan alamat situs yang Anda inginkan, kalau BlogTersayang.wordpress.com. Lalu klik tombol “Buat Situs Web”. Lihat  gambar di bawah ini: 3. Akan nampak halaman baru. Pada halaman ini, Anda bisa diminta isi kolom-kolom, seperti alamat e mail Anda, nama pengguna (untuk login), password, dan alamat blog. Alamat email: isi bersama bersama bersama bersama alamat e mail Anda Nama pengguna: Gunakan nama Anda atau variasi nama Anda (misalnya: nana89), ini untuk user name kala login ke dashboar WP Password: isi bersama bersama bersama bersama password yang kuat dan gampang diingat Pastikan alamat blog: cek ulang alamat untuk blog Anda, kalau “BlogTersayang.wordpress.com” Jangan lupa klik link yang bertuliskan “akan pakai alamat yang gratis” Setelah semua kolom udah diisi, klik tombol “Buat Blog” yang ada di bagian bawah.

4. Pihak WordPress bisa mengirimkan link untuk verifikasi ke e mail Anda. Buka e mail Anda, temukan e mail berasal dari wordpress.com dan klik link di di didalam e mail tersebut. Lihat gambar 5. Setelah melakukan verifikasi bersama bersama bersama bersama cara yang dijelaskan terhadap cara 4 di atas (klik link verifikasi), nanti bisa terbuka tab baru di browser dan Anda bisa memandang halaman dashboard WordPress punya Anda. Lihat GambarLangkah sesudah itu Anda barangkali inginkan mempunyai efek sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat. Untuk menunjang Anda mempunyai efek logo dan favicon, Anda bisa pakai online logo maker seperti Logaster. Buka situs Logaster dan Anda bisa mempunyai efek Logo paling baik untuk blog baru Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress Sampai cara 5 di atas sebenarnya Anda udah memiliki blog WordPress. Anda bisa memandang tampilan blog bersama bersama bersama bersama mengetikkan nama blog Anda di browser. Namun, barangkali Anda jadi tidak sesuai bersama bersama bersama bersama tampilan default berasal dari WordPress. Anda bisa jadi melakukan sebagian settingan terhadap blog WP anda, kalau mempunyai efek judul blog, mempunyai efek tag line atau uraian singkat, mengganti themes, menempatkan widget dan lain-lain.1. Pengaturan Blog WP Untuk mempunyai efek pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya di di didalam dashboard WP Anda bersama bersama bersama bersama membuka tombol link “Pengaturan“. Pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang bisa Anda edit. Menurut saya, yang paling kudu terhadap bagian ini adalah pengaturan; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut ini penjelasan singkatnya:

Umum: Pada bagian ini Anda bisa mengganti judul blog bersama bersama bersama bersama judul yang sesuai bersama bersama bersama bersama keinginan, dan terhitung berikan tambahan tagline untuk blog Anda. Selain itu, Anda terhitung bisa melakukan sebagian pengaturan lainnya di halaman ini, kalau berikan tambahan ikon untuk blo, mengganti format tanggal dan waktu. Jangan lupa untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.Menulis: Pada bagian ini Anda bisa mempunyai efek pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar. Membaca: Di sini Anda bisa menyesuaikan tulisan yang ditampilkan terhadap halaman utama blog Anda. Anda bisa mempunyai efek halaman statis ataupun dinamis, namun petunjuk aku dikarenakan ini adalah blog maka bisa lebih baik kalau Anda menampikan halaman dinamis. Pada halaman ini Anda terhitung bisa memilih jumlah artikel yang tampil di halaman utama, dan lain-lain. Bila Anda tidak inginkan tentang khusus, biarkan saja settingan di halaman ini secara default.

Diskusi – Di sini Anda bisa menyesuaikan bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Jika Anda tidak inginkan tentang yang khusus, sebaiknya biarkan saja settingan default terhadap halaman ini. 2. Desain Blog WPAnda terhitung bisa mengganti Themes dan berikan tambahan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur themes dan widget bisa mempunyai efek blog WP nampak lebih baik dan sesuai bersama bersama bersama bersama permohonan pelmilik blog. Buka tombol link “Tampilan” yang ada di dashboard blog wordpress Anda. Menurut aku bagian yang paling kudu di sini adalah Tema, Widget, Menu. Berikut penjelasan singkatnya:

Tema: Pada bagian ini Anda bisa memilih theme/ tema yang sesuai bersama bersama bersama bersama permohonan Anda. Di WordPress.com ada banyak sekali tema gratisan bersama bersama bersama bersama tampilan yang bagus. Perhatikan, jangan sampai memilih theme premium, memilih saja tema gratisan.Widget: Di sini Anda bisa berikan tambahan sebagian widet yang Anda inginkan yang bisa nampak di bagian side bar blog WordPress Anda. Perhatikan, jangan benar-benar banyak memasukkan widget bisa memengaruhi kecepatan loading blog Anda.

Menu: Anda bisa berikan tambahan sebagian link untuk menu melalui halaman ini. Misalnya Anda inginkan mempunyai efek halaman about, halaman kontak, privacy policy, dan lain-lain, Anda bisa membuatnya di halaman ini. 3. Posting Konten di WordPressLangkah sesudah itu adalah mempunyai efek tulisan artikel. Untuk memposting artikel atau konten lainnya, bisa melalui tombol link “Tulisan”. Perhatikan link yang ada di dashboard Anda: Semua Tulisan: ini adalah link untuk memandang semua tulisan artikel yang ada di blog Anda. Tambah Baru: ini adalah link untuk mempunyai efek postingan/ konten baru di di didalam blog Anda. Kategori: ini adalah link untuk memandang atau berikan tambahan kategori baru di blog wordpress Anda.

Untuk mempunyai efek tulisan di WordPress.com menurut aku benar-benar mudah, terutama jauh lebih gampang dibandingkan bersama bersama bersama bersama platform lain. Yang kudu Anda memperhatikan terhadap halaman mempunyai efek konten adalah sebagai berikut:Judul konten: Buat judul yang sesuai bersama bersama bersama bersama konten. Halaman konten: Anda bisa berikan tambahan konten berwujud text (artikel), gambar, dan video di halaman ini. Menu formating: Perhatikan menu formating yang ada di halaman kerja WordPress. Anda bisa berikan tambahan link, menyesuaikan text, mengganti warna text, meningkatkan gambar dan video, dan lain-lain. Kategori dan Tag: Jangan lupa untuk mempunyai efek kategori dan tag untuk tiap-tiap konten Anda. Ini bisa memudahkan Anda dan pembaca blog Anda untuk memandang konten bersama bersama bersama bersama kategori atau tag tertentu. Jika Anda udah percaya bersama bersama bersama bersama konten Anda, silahkan klik tombol “Terbitkan” yang ada di sebelah kanan halaman kerja WordPress.

Nah, sesudah membaca penjelasan di atas, pasti saja Anda udah bisa mempunyai efek blog WordPress sendiri ya. Langkah yang dijelaskan di atas sebenarnya memadai sederhana, dan kalau Anda inginkan mempunyai efek tampilan blog lebih baik lagi, Anda bisa berkreasi lebih jauh. Namun, kudu Anda ketahui bahwa WordPress.com berikan tambahan batasan terhadap penggunanya di didalam mengedit kode-kode html di di didalam blog WordPress.Catatan Penting: Untuk masuk ke dashboard blog WordPress Anda, tuliskan alamat blog Anda di browser bersama bersama bersama bersama berikan tambahan /wp-admin. Contoh caramembuatblogby.wordpress.com/wp-admin, sesudah itu masukkan email/username dan password Anda. eMail/Username dan password ini udah Anda membuat berasal dari awal kala mempunyai efek blog di WordPress.com. Simpan username dan password Anda bersama bersama bersama bersama baik, sehingga gampang digunakan kala Anda inginkan login ke blog Anda. “Bila Anda inginkan memiliki domain dan hosting sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster”.

Demikianlah penjelasan singkat cara mempunyai efek blog Gratis di WordPress dan Blogger. Mudah-mudahan artikel ini bisa menunjang teman-teman yang belum mengetahui cara mempunyai efek blog gratisan. Jika ada tentang yang tidak memadai mengetahui dan inginkan ditanyakan tentang artikel di atas, silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih udah membaca artikel aku :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Blog Untuk Bisnis yang Mudah dan Murah Lengkap
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.