Minggu, 10 Mei 2020

Bisnis Startup di Indonesia Lengkap dan Contoh Semua


Sebenarnya, apa itu Startup? Mungkin selalu banyak orang yang belum mengetahui arti ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan berasal berasal dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau sistem memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk terhadap perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada di di didalam fase pengembangan dan penelitian untuk mendapatkan pasar yang tepat.Pengertian startup di atas barangkali lebih terhadap terminologinya, namun menurut aku bisa lebih gampang kalau arti Startup disimpulkan sebagai perusahaan baru yang tengah dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an sampai tahun 2000, nyatanya arti Startup banyak ‘dikawinkan’ bersama bersama segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berkaitan bersama bersama ranah tersebut. Kenapa itu bisa terjadi? Sejarah Singkat Bisnis Startup Kembali memandang ke belakang, ternyata pemanfaatan arti startup terhadap hal-hal yang berkaitan bersama bersama teknologi, website, internet, dan lainnya, berjalan dikarenakan arti Startup sendiri jadi disukai banyak orang secara internasional terhadap era buble dot-com.

Lalu apa ulang buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com adalah kala terhadap periode selanjutnya (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada era itu tengah gencar-gencarnya perusahaan membuka situs site pribadinya. Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan tepat itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Namun menurut Ronald Widha berasal berasal dari TemanMacet.com, Startup tidak cuma perusahaan baru yang bersentuhan bersama bersama teknologi, dunia maya, aplikasi atau product namun bisa terhitung tentang jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa berdiri sendiri tanpa dukungan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Setelah berputar-putar mencari informasi tentang Startup melalui dukungan mbah Google, ada informasi tentang karakteristik berasal berasal dari sebuah perusahaan yang bisa di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup selanjutnya diantaranya: Usia perusahaan tidak memadai berasal berasal dari 3 tahunJumlah pegawai tidak memadai berasal berasal dari 20 orang Pendapatan tidak memadai berasal berasal dari $ 100.000/tahun Masih di di didalam bagian berkembang Umumnya beroperasi di di didalam bidang teknologiProduk yang dibuat berwujud aplikasi di di didalam bentuk digital Biasanya beroperasi melalui situs Dari karakteristik selanjutnya barangkali nampak bahwa stratup lebih cenderung ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya sebenarnya seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang tentang bersama bersama bidang teknologi dan online.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia Perkembangan usaha Startup di Indonesia bisa dikatakan memadai pesat dan menggembirakan. Setiap tahun bahkan tiap-tiap bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, kala ini ini terdapat setidaknya lebih berasal berasal dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang jadi lama naik berasal berasal dari tahun ke tahun pasti saja merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.Berdasarkan sebagian riset, terhadap tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia sebagian tahun kedepan. Selain itu kekuatan beli penduduk yang meningkat bersamaan bersama bersama naiknya penghasilan perkapita penduduk negeri ini ikut memengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan di di didalam tiga group yaitu; Startup pencipta game Startup aplikasi edukasi Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi memiliki pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini dikarenakan sistem pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.Dengan berkembangnya area sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game jadi lama besar. Sementara itu untuk aplikasi atau situs site yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia selalu memadai besar dikarenakan selalu minimnya pemanfaatan kartu kredit. Namun untuk yang berbau informasi atau berita berbagai tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Di Indonesia kala ini ini udah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup, diantaranya adalah; Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com) Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com) Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang Dan selalu banyak ulang yang lainnya Dengan ada komunitas ini pasti saja bisa memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing bahkan untuk menjaring investor. Para founder bisa pula mengikuti persaingan yang diselenggarakan oleh sebagian perusahaan seperti Telkom untuk jadi investor mereka. Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, dikarenakan bersama bersama ada tim yang solid bisa menghidupkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan inspirasi dan eksekusi yang tepat, pasti saja para founder tidak bisa kesulitan menarik minat penduduk maupun mencari investor.

Dalam sebuah wawancara yang dilaksanakan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly menyebutkan bahwa nyaris semua Startup gagal, namun kegagalan itu tidak kudu dipandang sebagai suatu tentang yang negatif dikarenakan selalu banyak faktor positif didalamnya. Maksudnya adalah kalau founder Startup gagal tepat melakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk belajar suatu tentang yang baru dan ilmu baru, seperti rancangan trial and error terhadap umumnya.

Startup-Startup lokal yang kini udah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia bisa selalu jadi jadi dan berkembang sehingga bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semoga :) Sebagai penutup, selanjutnya ini sebuah video wawancara singkat bersama bersama CEO Urbanesia tentang perkembangan Startupnya di Indonesia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bisnis Startup di Indonesia Lengkap dan Contoh Semua
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.